Jumat, 15 Mei 2015

Hernia pada anak


Oleh : dr. Agung Aji Prasetyo, M.Si.Med, SpBA
      Seorang anak usia 3 tahun dibawa ke IGD dengan keluhan benjolan di lipat paha kanan. Sejak 4 hari sebelumnya, orang tua pasien mengeluhkan anaknya  terdapat benjolan pada lipat paha kanan yang tidak dapat masuk kembali. Keluhan disertai muntah, buang air besar terakhir 3 hari lalu. Riwayat benjolan di lipat paha kanan yang masih dapat keluar masuk diakui sejak usia 1 tahun.  


      Hernia adalah turunnya organ dalam perut ( usus atau lemak perut ), ke dalam kantung kemaluan melalui saluran yang disebut prosesus vaginalis. Saluran ini seharusnya sudah menutup pada saat bayi lahir. Kasus di atas adalah jenis hernia scrotalis inkarserata, dimana usus yang masuk ke dalam kantung kemaluan terjepit dan tidak bisa kembali ke dalam rongga perut.

APAKAH BERBAHAYA?
      Hernia scrotalis yang berada dalam posisi terjepit sangat berbahaya, karena jepitan tersebut dapat menyebabkan kematian usus yang terjepit.

BAGAIMANA PENANGANANNYA?
    Tindakan operasi adalah cara untuk menutup saluran yang terbuka dan mencegah supaya usus tidak turun ke kantung kemaluan. 

RISIKO JIKA TIDAK DIOPERASI?
       Usus terjepit akan mengalami kematian, infeksi, bisa berakibat fatal bahkan berujung pada kematian

KAPAN SEBAIKNYA OPERASI?
      Segera setelah di diagnosis hernia, bayi atau anak anda sebaiknya segera menjalani operasi, tanpa memandang usia. Hal ini karena risiko usus terjepit pada bayi dan anak sangat tinggi. Jika usus yang terjepit sudah terlanjur mati, maka diperlukan tindakan pemotongan usus.








8 komentar:

  1. Anak perempuan bisa hernia juga,Dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hernia juga bisa terjadi pada anak perempuan, biasanya benjolan hilang timbul dari lipat paha sampai bibir kemaluan

      Hapus
  2. Anak perempuan bisa hernia juga,Dok??

    BalasHapus
  3. Dokter.. sy yg kemarin sore konsultasi dengan dokter di hermina banyumanik.sy bisa menghubungi dokter kemana ya terkait penjadwalan operasi hernia anak sy?terima kasih sebelumnya dok..

    BalasHapus
  4. Kalau anak perempuan terkena hernia apa juga harus dilakukan tindakan operasi !

    BalasHapus
  5. Kalau anak perempuan terkena hernia apa juga harus dilakukan tindakan operasi !

    BalasHapus
  6. Hay dok ..anak saya mengalami hernia pda usia 1bulan terdapat benjolan yg masih kecil pda bagian sbelah kmluan y. Dan skrg mulai usia 11bulan hernia y tambah ke bawah sampe k bagian kantung telur y. Jadi bgaimana dok apa sudah parah apa msh ringan

    BalasHapus
  7. Maaf dok saya mau tanya.. anak saya laki2 sakit hernia umbilikalis di pusarnya dok benjolan besar sampai dia turun dok ke alat vitalnya sampai kena sakit hernia juga dok waktu itu ada di lipatan paha sebelah kiri benjolannya dok alhamdulillah sudah di oprasi dok waktu umur 3 bulan oprasi hernia umbilikalis sama oprasi hernia scrotalis dok yg di lipatan paha sebelah kirinya .. tp knapa ya dok setelah beberapa bulan kemudian anak hernia scrotalis nya kambuh lg dok tp di sebelah kanan dok skrg pindah tempat .. apa yg harus saya lakuin ya dok apakah harus di oprasi lg atau tidak.dan apa penyebabnya ya dok ko bsa sampai kambuh lg tp beda tempat ?mohon jawabannya dok🙏🙏terimakasih dok sebelumnya🙏🙏

    BalasHapus