Jumat, 15 Mei 2015

FIMOSIS


Oleh : dr. Agung Aji Prasetyo, M.Si.Med, SpBA

Bayi usia 1 bulan, dibawa ke poliklinik dengan keluhan kalau pipis mengejan. Kulup penis akan menggembung dahulu sebelum pipis keluar. Pancaran pipis kecil dan lemah. Bayi juga sering demam dan kadang terdapat bercak kemerahan di popok.



APA ITU FIMOSIS?
 Fimosis adalah penyempitan pada kulit kulup penis yang terjadi pada masa bayi dan anak. Normalnya kult kulup penis memang sepit saat anak berusia sampai 3 tahun. Namun, jika terlalu sempit, akan terjadi gangguan buang air kecil dan dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.

BAGAIMANA TERAPINYA?
Anda dapat mencoba untuk menarik kulit penis ke arah pangkal pangkal penis dengan tujuan supaya kepala penis dan muara saluran kencing terbuka. Jika tidak berhasil alternatifnya adalah dilakukan khitan atau sirkumsisi

AMANKAH SIRKUMSISI PADA BAYI?
Sirkumsisi pada bayi aman untuk dilakukan. Karena bayi belum bisa kooperatif, maka biasanya dilakukan pembiusan total sehingga bayi tertidur saat dikhitan.






1 komentar:

  1. selamat siang dr, saya Nia kakak dr bayi Bilal yg kmrn dtg ke RS Tlogorejo. boleh saya mnta no hp yg bs sy hubungi dok? untuk mengatur jdwal operasi adik saya.

    BalasHapus